Kontak Kami: (+6221) 344 9335
PERINGATAN HUT IKAHI 71 TEMA HAKIM BERINTEGRITAS PENGADILAN BERMARTABAT RENCANAKAN SERANGKAIAN KEGIATAN LOMBA DAN BAKTI SOSIAL

Organisasi profesi Hakim lahir sebagai reaksi dari pihak tertentu yang menghendaki Hakim ditempatkan dalam kedudukan yang tidak sesuai dengan UUD 1945. Kemudian dengan perjuangan para Hakim saat itu ditetapkan tanggal 20 Maret 1953 sebagai tonggak sejarah lahirnya organisasi bagi para Hakim yang bersifat nasional yang bernama IKATAN HAKIM INDONESIA, disingkat dengan IKAHI.

IKAHI kini telah berusia 71 Tahun, untuk memperingati berdirinya IKAHI yang jatuh pada  tanggal 20 Maret 2024, Pengurus Pusat IKAHI dengan mengusung Tema “Hakim Berintegritas Pengadilan bermartabat” akan melakukan serangkaian penyelenggaraan kegiatan yakni kegiatan Donor Darah, Bantuan Sosial, Kegiatan Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan, dan juga  kegiatan ilmiah dan Seni, seperti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Seminar Internasional, Lomba Membawa Mars KAHI dan Hymne IKAHI. Rapat serangkaian  rencana kegiatan tersebut dibahas secara hybrid oleh Panitia Pelaksana kegiatan HUT IKAHI 71 bertempat di ruang rapat Panitera Mahkamah Agung jalan Merdeka Utara No 9-13 Jakarta Pusat pada hari Jumat tanggal 23 Februari 2024.

Yang menarik pada saat rapat membahas bakti sosial dengan menetapkan agenda Pemberian Tali Asih kepada anak dari hakim yang telah meninggal dunia. Ketua Panitia Pelaksana HUT 71 YM Dr. Yosran, S.H.,M.H (Ketua IV PP IKAHI). Turut spontan menyumbang sejumlah uang secara pribadi dan menurut beliau pemberian tali asih kepada anak dari Hakim yang telah meninggal bagian dari keluarganya hakim merupakan bentuk wujud sikap Mandiri para hakim yang menujukan keberanian berkorban oleh karena itu beliau menghimbau agar seluruh Hakim tersentuh dan peduli akan nasib anak para hakim yang merupakan teman kita sendiri, meskipun hanya seribu rupiah tapi kalau terkumpul dari sekian banyak Hakim tentu akan bernilai tidak harus menunggu  berlebih atau banyak uang.

Kegiatan Donor Darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia yang akan dilaksanakan di Mahkamah Agung pada tanggal 29 Februari 2024 akan diikuti oleh Hakim Agung, Hakim Yustisial, Para Pejabat dan Para Pegawai di lingkungan Mahkama Agung serta Hakim dan Para Pegawai pada 4 lingkungan Peradilan yang berada di sekitar Ibukota Jakarta (Jabodetabek).Untuk kegiatan Ilmiah Seperti LKTI dapat diikuti peserta dari Hakim, Akademisi, Mahasiswa, pelajar atau setingkatnya, khusus untuk lomba Mars dan Hymne IKAHI dapat diikuti pesertanya dari Hakim  yang berada pada setiap Satuan kerja mewakili Pengurus Daerah Ikatan Hakim Indonesia (PD IKAHI) termasuk didalamnya anggota Pengurus Cabang (PC) IKAHI, untuk kegiatan Tabur Bunga akan diikuti  oleh Ketua Mahkamah Agung dan Pimpinan Hakim Agung serta PP IKAHI di Taman Makam Pahlawan Kali Bata, sedangkan seminar Internasional secara hybrid akan diikuti seluruh  Hakim Indonesia dan peserta dari  beberapa negara yang membahas kedudukan Hakim, kesejahteraan Hakim dalam persfektif hukum yang ada pada lintas negara di berbagai belahan dunia.

Terakhir serangkaian kegiatan tersebut ditutup dengan acara kegiatan puncak hari ulang tahun IKAHI 71 direncakan pada tanggal 25 April 2024 dengan serangkaian kegiatan penanugerahan terhadap pemenang lomba LKTI, Lomba Mars dan Hymne IKAHI serta pemberian bantuan sosial/tali asih kepada anak dari  hakim yang telah meninggal dunia.serta seminar Internasional (PA/RD/PI)